Laporan Kegiatan :: RMS @ UI

Pada tanggal 29 Oktober 2009, Richard M. Stallman hadir di UI. Beliau bercerita panjang lebar prinsip-prinsip yang patut dipertimbangkan oleh mahasiswa/i di Universitas Indonesia. Prinsip-prinsip kebebasan software yang beliau angkat adalah:

  • Kebebasan untuk menjalankan program, untuk keperluan apapun (freedom 0).
  • Kebebasan untuk mempelajari cara kerja program, dan memodifikasi serta diadaptasi sesuai kebutuhan (freedom 1). Untuk hal ini, akses kode sumber (source code) adalah syarat mutlak.
  • Kebebasan untuk menyebarkan/men-copy program tersebut kepada orang lain (freedom 2).
  • Kebebasan untuk memperbaiki/meningkatkan kinerja program, dan me-rilis perbaikan tersebut ke masyarakat luas agar dapat memberikan azas manfaat yang jelas (freedom 3). Untuk hal ini, akses kode sumber (source code) adalah syarat mutlak.

Meskipun beliau rada sedikit ngantuk dan hampir lupa membawakan materi tentang “Copyright vs Community”, namun penjelasan brief-introduction 15 menit tentang “melawan Copyright” yang sedang diperjuangkan beliau di FSF sudah memberikan gambaran bahwa prinsip Copyright harus diciptakan/dimodifikasi agar dapat memberikan kepastian kepada masyarakat bahwa Software yang di-copyright-kan boleh-boleh saja dilakukan namun dengan etika yang bertanggung-jawab bagi keberlangsungan Komunitas.

Gambarannya adalah, apabila sebuah software di-copyright-kan dan diberikan waktu 10-20 tahun agar copyright tersebut dimiliki oleh seorang pengembang, namun setelah 10-20 tahun tersebut jangan lupa bahwa apabila Copyright nya sudah habis, source-code nya juga disebar ke Komunitas. Dengan demikian nilai-ke-obsolete-an dari source-code bisa menjadi alat pembelajaran bagi edukasi di masyarakat.

Berikut adalah foto-foto dari acara tersebut:


Similar Posts:

Leave a comment

Your comment